banner 728x250

Penaganan Covid-19 : Kemenhub Terbitkan SE Terbaru Syarat Perjalanan Transportasi Udara

  • Bagikan
banner 468x60

Baca Lagi – Masa PPKM Darurat Jawa-Bali akan berakhir pada 20 Juli 2021. Meskipun masa PPKM telah berakhir dan belum ada pengumuman resmi terkait perpanjangan waktunya, namun syarat ketat perjalanan jarak jauh masih berlaku hingga 25 Juli 2021.

Pada 17 Juli 2021 lalu, Satgas Penaganan Covid-19 telah menerbitkan SE Nomor 15 Tahun 2021 terkait pembatasan kegiatan masyarakat selama libur Hari Raya Idul Adha 2021. Masa berlaku Surat Edaran tersebut mulai tanggal 18 – 25 Juli 2021.

banner 336x280

Terbitnya Surat Edaran tersebut tidak lantas membuat peraturan sebelumnya tidak berlaku. SE Nomor 14 Tahun 2021 tetap berlaku termasuk ketentuan perjalanan di masa pandemi ini. Penerbitan Surat Edaran tersebut merupakan sebuah langkah yang dilakukan oleh pemerintah agar tidak terjadi ledakan kasus positif Covid-19 lagi, terutama dari klister keluarga ketika libur Hari Raya Idul Adha.

Bagi kamu yang ingin maupun harus melakukan perjalanan jarak jauh pada masa libur Hari Raya Idul Adha 2021, terlebih sudah terlanjur memesan tiket pesawat, yuk simak syarat perjalanan menggunakan moda transportasi udara berikut ini.

Mulai 18 – 25 Juli 2021 mendatang, keberangkatan penumpang yang diizinkan adalah keberangkatan untuk keperluan pekerjaan dalam sektor essensial dan kritikal, atau keperluan darurat keluarga seperti anggota keluarga ada yang meninggal, sakit, atau melahirkan. Jika kamu akan menjadi penumpang pesawat domestik wilayah Jawa-Bali selama libur Hari Raya Idul Adha, maka kamu harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Identitas diri seperti KTP atau pengenal lainnya yang sah.
  2. Kartu sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.
  3. Hasil tes negative Covid-19 dari test RT-PCR (Rapid test lainnya tidak diperbolehkan) Sampelnya RT-PCR diambil dalam waktu 2×24 jam oleh laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes RI dan harus dilengkapi dengan barcode
  4. Bagi kepentingan perjalanan sector essensial dan kritikal harus melampirkan STRP (Surat Tanda Registrasi Pekerja) dari pimpinan instansi tempat kamu bekerja.
  5. Bagi yang memiliki keperluan mendesak harus melampirkan surat keterangan perjalanan berupa rujukan dari rumah sakit, surat pengantar perangkat setempat, surat keterangan kematian, maupun surat keterangan lainnya.
  6. Mendownload dan mengisi eHAC pada smartphone kamu.
  7. Membawa 2 rangkap dari semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Nah, demikian tadi persyaratan yang harus kamu persiapkan agar perjalanmu lancar saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan jalur udara ketika libur Hari Raya Idul Adha 2021. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan 5M dimana pun kamu berada ya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *