banner 728x250

Pembukaan Festival Literasi Guru Penggerak Kabupaten Kubu Raya

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

Pembukaan Festival Literasi Guru Penggerak Kabupaten Kubu Raya

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi (Filtrasi) Guru Penggerak di 9 kabupaten/kota sasaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 di wilayah Kalimantan.

Festival Literasi atau biasa disingkat FILTRASI ini diadakan di Gardenia Resort and Spa, Jl.Arteri Supadio, Kubu Raya, Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dimulai pada tanggal 18 Oktober 2021 s/d 22 Oktober 2021.

banner 336x280

Kegiatan ini dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari guru penggerak yang tersebar di berbagai sekolah Kabupaten Kubu Raya.

Pengertian Guru Penggerak

Menurut penjelasan dari Kemendikbud, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Selain itu, guru penggerak juga menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Melalui peluncuran program guru penggerak, Kemendikbud berharap bahwa guru penggerak terpilih dapat menjalankan 5 peran utama yakni:

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-beingekosistem pendidikan di sekolah

Ragkaian Acara FILTRASI

Tim Bacalagi.com  turut diundang menghadiri acara pembukaan kegiatan FILTRASI pada tanggal 18 Oktober 2021 yang bertempat di Gardenia Resort and Spa, Jl.Arteri Supadio, Kubu Raya.
Acara dibuka oleh Moderator pada pukul 16.00, setelah itu dilanjutkan oleh penyampaian kata sambutan oleh Indah Yuliastuti, M.Pd selaku Kasi Diklat.

Selanjutnya pembukaan acara dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kubu Raya, M Ayub S.Pd.

Tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanya belum terbiasa’ Begitulah kira-kira yang disampaikaan oleh Kepala Dinas Kab. Kubu Raya untuk mendongkrak semangat para guru penggerak yang hadir saat itu.

Beliau juga menyatakan kegagalan adalah sebuah keharusan, karena dari kegagalan lah kita dapat mengambil pelajaran agar suatu karya menjadi lebih baik lagi kedepan nya. Beliau berharap agar Guru Penggerak memiliki ketekunan dan kemauan yang kuat untuk terus belajar dan berkarya demi bisa mewujudkan literasi pancasila.

Setelah pembukaan resmi dari Kepala Dinas Pendidikan, kegiatan ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu guru penggerak yang hadir.

Tujuan Kegiatan FILTRASI

Tujuan utama dari kegiatan FILTRASI ini adalah untuk mendorong terwujudnya profil Pelajar Pancasila sekaligus menguatkan upaya pemberdayaan komunitas Guru Penggerak.
Selain itu, tujuan lain diadakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningatkan kemampuan guru penggerak dalam mewujudkan literasi panncasila
  2. Mengimplementasikan karya tulis ilmiah guru
  3. Meningkatkan kemampuan guru penggerak dalam menulis karya tulis ilmiah

Penutup

Selajutnya setelah mendengarkan, menyimak dan mengikuti do’a dari salah satu guru penggerak tersebut, maka berakhir pula lah acara Festival Literasi Guru Penggerak. Cukup sekian dan terimakasih. Penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan kata atau makna dari kalimat informasi tersebut, karena setiap manusia tak luput dari kesalahan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *