banner 728x250

Pandemi Covid-19: Kebijakan Berbasis Foresight Menjawab Tantangan Era VUCA

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

Strategi Menghadapi Era VUCA Dengan Kebijakan Foresight VUCA

Pernahkah ada yang mengetahui kapan pandemi covid-19 akan berakhir dari muka bumi, secara khusus dari Indonesia, atau apakah vaksinisasi adalah obat dari covid-19?. Bentuk-bentuk pertanyaan mendasar tersebut merupakan suatu yang hanya mampu dijawab dengan kata ketidakpastian, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan pandemi covid-19 akan berakhir, dan tidak pernah juga ada penelitian yang menyampaikan bahwa vaksinisasi adalah cara untuk mengobati penyakit yang diakibatkan oleh virus covid-19. Vaksinisasi adalah pilihan yang dipilih untuk menguatkan imunitas manusia agar kebal dari infeksi virus covid-19.

banner 336x280

Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA), dalam ranah kebijakan publik VUCA merupakan suatu yang menggambarkan kondisi yang fluktuatif dan tidak stabil di ranah urusan publik yang disebabkan oleh suatu perubahan yang sangat cepat dan fundamental (Sharif & Irani 2017). Gambaran ini nyata ketika kita sama-sama melihat dan mencermati dengan seksama dengan keadaan Indonesia saat ini, meskipun era VUCA telah lama hadir ketika globalisasi menyentuh seluruh negara di dunia akibat dari revolusi industri yang dimotori oleh negara-negara maju.

Perubahan yang terjadi di Indonesia berkaitan dengan sistem-sistem dalam mejalankan pemerintahan, interaksi sosial, ekonomi, politik dan budaya akibat dari pandemi covid-19, merupakan bentuk perubahan nyata yang kita terima saat ini dan tidak dapat kita pungkiri bahwa mau dan tidak mau publik harus menerima itu, sebagai budaya yang baru, gaya interaksi yang baru dan sistem kehidupan yang baru. Perubahan yang terjadi sangat cepat dan fundamental itu merupakan bagian dari proses ketidakpastian yang akan kita terima kedepannya.

Volatility merupakan kondisi dimana ia menunjukan sifat, dinamika, dan kecepatan perubahan, gaya dan katalis perubahan itu sendiri, volatility dimaknai sebagai tantangan dimana kecepatan perubahan melampau kemampuan kita dalam merespon dan menangani persoalan yang terjadi.

Uncertainty merupakan kondisi dimana muncul ketidakpastian; tiadanya prediktabilitas atau tidak adanya pemahaman tentang peristiwa yang terjadi/event, uncertainty menimbulkan ketidakberdayaan seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan karena informasi yang terbatas.

Complexity merupakan keadaan dimana suatu masalah terjadi secara bersamaan atau saling mempengaruhi, rumit dan munculnya tantangan atas kelumpuhan analisis, kondisi ini menuntut bahwa persoalan itu harus diselesaikan sesegera mungkin. selanjutnya Ambiguity merupakan kondisi dimana terjadinya kemenduan situasi, ambiguity itu menimbulkan kaburnya realitas, yakni dimana potensi yang dimiliki dapat disalah-pahami sebagai ancaman, (VUCA).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *