banner 728x250

Pandemi Covid-19: Kebijakan Berbasis Foresight Menjawab Tantangan Era VUCA

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

Padahal seharusnya semakin modernnya dunia dan kompleksitasnya problematika sosial, kebijakan itu harus agile dalam menyelesaikan persoalan, birokrasi harus cepat dalam penyediaan layanan publik, tetapi tidak dengan meninggalkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Keluar dari kemelutan persoalan publik, pemerintah dan dunia usaha perlu menjadi aktor pembawa inovasi untuk menciptakan perubahan baru di tengah masyarakat. Dunia usaha seharusnya tidak lagi hanya mementingkan pertumbuhan laba pada perusahaannya, demikian dengan pemerintah yang harunya tidak lagi memikirkan bagaimana melenggangkan kekuasaannya.

banner 336x280

Melainkan memikirkan bagaimana interaksi pemerintah dengan stekholders, dan masyarakat dalam siklus yang saling menguntungkan, sebagaimana itu merupakan konsekuensi hidup bersama dalam sebuah wadah yaitu negara.
Berikutnya dalam metodologi foresight, untuk menciptakan kebijakan dan perencanaan yang dapat memajukan dunia Policy Maker dalam menjawab kebutuhan masyarakat, Ian Miles dalam kanal YouTube Yanuar Nugroho (2021) menjelaskan terdapat serangkaian proses yang harus dilewati yaitu.

Pertama, mengidentifikasi dan menguraikan masa depan dalam jangka panjang dengan analisis isu atau kejadian.

Kedua, memetakan kecendrungan atau tren.

Ketiga menemu-kenali penggerak dan memetakan keseluruhannya lebih menyeluruh, ketimbang perhitungan kuantitatif yang biasa dilakukan dalam metode peramalan (Forescating).

Kemudian dalam melakukan aksi untuk mewujudkan kebijakan dan perencanaan pembangunan, foresight secara rinci harus berorientasi pada pada jangka Panjang dimana ia harus melibatkan berbagai kajian faktor dalam sistem-sistem teknologi, sosial, politik, ekonomi, budaya dan nilai serta memanfaatkan berbagai ilmu pengetahuan yang tersebar luas di masyarakat untuk dan melihat keterkaitan jejaring sosialnya.

Yang perlu menjadi titik tekan keberhasilan foresight dalam membuat kebijakan dan perencanaan adalah partisipatif yang sempurna, dimana seluruh pemangku kepentingan yang hendak memajukan bangsa harus duduk bersama dengan disiplin ilmu yang kompleks untuk menentukan dimana posisi negara saat ini dan apa yang di inginkan untuk negara di masa depan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *