banner 728x250

Pandemi Covid-19: Kebijakan Berbasis Foresight Menjawab Tantangan Era VUCA

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

Kebijakan Publik Berbasis Foresight

Foresight pada dasarnya merupakan sebuah keilmuan yang mempelajari tentang masa depan (Futures Studies), sebagai sebuah metode atau cara baru dalam membuat kebijakan dan perencanaan, agar masa depan suatu negara dibentuk secara sadar, tidak sekedar diperkirakan, apalagi diramalkan. Berkorelasi dengan kebijakan publik, Foresight diharapkan dapat menjembatani seorang Policy Maker dalam membuat kebijakan berdasarkan Analytics yang mampu mejawab kebutuhan publik itu sendiri.

banner 336x280

Kebijakan publik merupakan suatu pilihan tindakan yang dilakukan oleh pemerintah ataupun pilihan untuk tidak melakukan suatu apapun, oleh pemerintah. Sebagaimana kebijakan itu dibuat dengan tujuan menyelesaikan kompleksitas persoalan publik. Akan tetapi seperti yang telah di ungkapkan pada pokok persoalan diatas, muncul suatu pertanyaan, apakah birokrasi kita di Indonesia mampu menghendaki kebijakan publik dalam menjawab tantangan di masa pandemi covid-19 saat ini?

Tata cara dalam membuat kebijakan dan perencanaan hingga implementasi tentu seharusnnya tidak lagi dijalankan dengan cara-cara yang kuno, lamban, berbelit-belit, jauh dari transparansi dan akuntabilitas. Kebijakan dan perencanaan berbasis foresight merupakan bentuk usaha dari menjawab pertanyaan dasar di atas. Filsafat Foresigh dalam dunia kebijakan menerangkan bahwa masa depan itu tidak untuk diperkirakan atau diprediksikan, melainkan dibentuk. Dalam dunia kebijkan dan perencanaan pembangunan, foresight merupakan metode yang mampu membantu Policy Maker dalam memahami dan menangani isu-isu kompleks dengan dasar pemahaman yang komprehensif terhadap peluang dan tantangan pembangunan di masa depan.

Selama ini dalam membuat kebijakan dan perencanaan oleh aktor seperti pemerintah, organisasi dan berbagai asosiasi organisasi, banyak diantara atau sebagaian besar mereka menggunakan metode Forescating Extrapolatif yang mengandalkan data masa lalu untuk memprediksi masa depan, tentunya untuk saat ini cara-cara membuat kebijakan dan perencanaan yang demikian sudah ketinggalan jaman dan tidak relevan dengan tantangan masa kini yang semakin tidak berpola.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *