banner 728x250

Kreator Youtube Shorts Bisa Memperoleh Bonus hingga Rp 143,9 Juta Setiap Bulannya

  • Bagikan
banner 468x60

BacalagiYoutube resmi meluncurkan fitur Shorts di Indonesia pada 23 Juli 2021 lalu. Peluncuran fitur tersebut menjawab tren video berdurasi pendek yang saat ini digemari oleh pengguna sosial media. Youtube siap bersaing dengan Tiktok dan Instagram Reels yang telah lebih dahulu merambah ke fitur video pendek. Sebelum Indonesia, Youtube Shorts telah diluncurkan di India pada September 2020 yang kemudian disusul oleh Amerika Serikat pada Maret 2021 lalu.

Youtube menyediakan dana sebesar 100 juta dollar atau sekitar Rp 1,43 triliun untuk program Shorts Funds. Selain untuk menarik minat pengguna sosial media terhadap fitur barunya ini, dana tersebut disediakan oleh Youtube untuk mengapresiasi para kreator yang telah berdedikasi membuat video Shorts kreatif dan alsi karya sendiri yang dapat menghibur penonton Youtube.

banner 336x280

Apa Itu Youtube Shorts?

Shorts merupakan sebuah fitur baru pada Youtube yang membuat penggunanya dapat mengunggah video dengan durasi pendek, yaitu kisaran 15 hingga 60 detik. Video yang diunggah tersebut juga dapat dilengkapi dengan backsound, filter, caption, dan teks. Fitur Shorts pada Youtube ini hampir sama seperti Tiktok dan Instagram Reels. Bahkan format video di Youtube Shorts ini juga sama seperti dua pesaingnya tadi, yaitu mode vertikal. Fitur Shorts di Youtube ini sengaja diciptakan untuk membantu para kreator dalam berkreasi membuat video pendek langsung melalui smartphone yang mereka miliki.

Syarat Mendapartkan Bonus dari Youtube Shorts

Mulai Agustus 2021 ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 negara yang telah diumumkan peluncuran fitur Shorts secara resmi oleh Youtube berkesempatan untuk medapatkan bonus hingga Rp 143,9 juta setiap bulannya. Daftar 10 negara yang kreatornya dapat menerima bonus dari Shorts Fund ini adalah Indonesia, Amerika Serikat, India, Jepang, Inggris Raya, Rusia, Meksiko, Nigeria, Brasil, Afrika Selatan. Jadi, kreator dari negara tersebut yang berhak menerima bonus Short Fund yang disediakan oleh Youtube.

Ada syarat lain bagi penerima Shorts Fund selain asal negara kreator. Bonus tersebut diberikan kepada para kreator yang dapat menghasilkan karya video Shorts yang menarik dan mendapatkan banyak views dalam kurun waktu 2021 hingga 2022 mendatang. Jadi agar bisa mendapatkan bonus Shorts Fund tersebut, kreator harus mengupload minimal satu video Shorts yang memenuhi syarat tersebut dalam kurun waktu 180 hari terakhir.

Youtube akan mengirim notifikasi kepada kreator yang memenuhi kriteria tersebut untuk menerima bonus dari Shorts Fund. Kreator dapat mengklaim bonus tersebut sebelum batas waktu yang telah ditentukan, yaitu pada tanggal 25 setiap bulannya. Apabila sampai batas waktu tersebut kreator tidak melakukan klaim maka gaji atau bonus tersebut akan hangus. Sayang bukan? Nah makanya yuk pahami syaratnya dengan baik jika kamu ingin menjadi salah satu kreator yang mendapatkan bonus Shorts Fund ini.

Oh iya, ada satu syarat lagi nih yang tidak kalah penting. Kreator yang dapat melakukan klaim tersebut adalah mereka yang telah berusia di atas 18 tahun, jadi apabila kamu adalah kreator yang baru berusia antara 13 hingga 18 tahun, untuk mendapatkan bonus Shorts Fund tersebut maka kamu harus meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan membuat akun Adsense. Bagaimana nih kawan? Apakah kalian tertarik untuk mencoba fitur Shorts dari Youtube ini? Jangan sia-siakan kesempatan ya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *