Komunitas Guru Penggerak Kalimantan Barat

banner 468x60
banner 468x60

Bacalagi – Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Topik Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak antara lain:

  1. Filosofi Pendidikan Indonesia
  2. Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
  3. Membangun visi sekolah
  4. Membangun budaya positif di sekolah
  5. Durasi pembelajaran: Dua bulan

Festival Literasi Guru Penggerak di Kabupaten Kubu Raya

Demi membantu mewujudkan tujuan-tujuan dari program Guru Penggerak, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) akan menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi (Filtrasi) Guru Penggerak di 9 kabupaten/kota sasaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 di wilayah Kalimantan. Salah satu tahapan kegiatan yang akan dilakukan adalah Diklat Diseminasi Filtrasi Guru Penggerak. Dalam rangka memberikan dukungan terhadap peningkatan kemampuan literasi Karya Tulis Ilmiah Guru untuk mendorong terwujudnya profil Pelajar Pancasila sekaligus menguatkan upaya pemberdayaan komunitas Guru Penggerak.

banner 336x280

Proses pendidikan guru penggerak menghadirkan berbagai manfaat positif bagi pesertanya. Setidaknya ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu:Proses pendidikan guru penggerak menghadirkan berbagai manfaat positif bagi pesertanya. Setidaknya ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu:

  1. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama
  2. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid
  3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan
  4. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
  5. Mendapatkan komunitas belajar baru
  6. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
  7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, yakni pada tanggal 18 Oktober 2021 s/d 22 Oktober 2021. Kegiatan berlangsung di Gardenia Resort and Spa, Jl.Arteri Supadio, Kubu Raya, Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia, 78391.

Kegiatan ini menghadirkan setidaknya 80 peserta yang terdiri dari Guru Penggerak yang berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Kubu Raya.

Pembukaan acara ini di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, yakni M. Ayub S.Pd. Dalam acara ini beliau menegaskan bahwa tidak ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan, yang ada hanya belum terbiasa. Selain itu, beliau juga berharap kepada guru-guru penggerak agar terus semangat dan terus menekuni program Guru Penggerak, seperti meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah.

Tujuan yang diharapkan dari program FILTRASI ini adalah:

  • Meningkatkan kemampuan guru penggerak dalam mewujudkan literasi pancasila
  • Meningkatan karya tulis yag dibuat oleh guru penggerak
  • Mendongkrak karakter pancasila pada murid

Melalui Program Guru Penggerak, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik profesional.

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.